Update

5 Cara Efektif dan Alami untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi


Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang banyak kita temui di masyarakat, khususnya masyarakat perkotaan. Dengan banyaknya masalah pekerjaan dan masalah hidup yang muncul membuat penyakit ini gampang sekali menjangkiti masyarakat sekarang ini. Hipertensi atau tekanan darah tinggi ini bisa menjadi salah satu faktor penyebab stroke, serangan jantung, juga gagal ginjal. Bahkan akibat yang paling parah adalah kematian. Oleh karena itu, sebisa mungkin kita cegah penyakit tersebut sedari awal berikut ini cara mengurangi tekanan darah tinggi.

 

1. Memiliki berat badan ideal 

Jangan berlebihan saat berat badan naik, tekanan darah juga seringkali ikut naik, apalagi jika anda mempunyai berat badan yang berlebih sering kali menyebabkan tidur mendengkur kondisi ini bisa membuat tekanan darah meningkat tinggi lagi, untuk orang yang kegemukan mengurangi berat badan bisa jadi cara menurunkan tekanan darah tinggi yang sangat efektif berhasil menurunkan 1 kg saja dapat mengurangi tekanan darah 1mmhg.

2. Menerapkan pola makan sehat dan seimbang 

Pola makan sehat adalah menu makanan harian yang banyak terdiri dari dari sayuran, buah-buahan, biji-bijian utuh, makanlah makanan yang banyak mengandung sereal utuh, sayuran, buah buahan, kacang-kacangan dan produk rendah lemak.

3. kurangi mengkonsumsi mkanan yang banyak mengandung minyak dan lemak 

Seperti daging merah, susu, keju dan mentega yang mengandung asam lemak tak jenuh Karena jenis makanan ini kerap diolah dengan cara diawetkan menggunakan garam lemak jenis ini dapat  meningkatkan kolesterol jahat hingga memperburuk tekanan darah tinggi anda, dengan demikian makanan ini menjadi tinggi natrium yang berbahaya bagi penderita Hipertensi.


 

4. Minum air putih secukupnya dan jangan terlalu banyak mengkonsumsi minuman beralkohol
Mulailah biasakan minum air putih 8 gelas perhari karena dengan meminum air putih dapat mengatasi tekanan darah minum air putih merupakan cara paling sederhana, murah sehat serta paling efektif untuk membantu menurunkan tekanan darah dengan minum air dapat mengurangi dehidrasi dan meningkatkan volume darah, maka dari itu hindari minum alkohol bila anda mengidap tekanan darah tinggi dengan memenuhi kebutuhan air  putih setiap hari, maka darah akan lebih encer sehingga lebih mudah mengalir didalam pembuluh darah, hal ini tentu akan membuat tekanan pada pembuluh darah menurun.

5. Lakukanlah olahraga secara rutin minimal 30 menit setiap harinya 
Dengan berolahraga rutin dapat mengurangi tekanan darah tinggi  dengan berolahraga dapat meningkatkan kebugaran jantung untuk memompa darah sehingga dapat bekerja lebih efisien, sirkulasi aliran darah masuk dan keluar jantung pun akan lebih lancar pada akhirnya hal ini dapat menjaga elastisitas pembuluh darah untuk menurunkan dan menstabilkan tekanan darah, tidak hanya itu dengan berolahraga secara teratur juga dapat membatu kita mempertahankan berat badan yang sehat yang merupakan cara ain untuk mengontrol tekanan darah.



loading...

Tidak ada komentar