Update

8 Varian Makanan Sehat untuk Menurunkan Kolesterol


Tubuh perlu kolestrol tapi jika kadar kolestrol buruk atau LDL di dalam tubuh terlalu tinggi bisa menyebabkan penyempitan arteri yang bisa menambah resiko stroke dan serangan jantung, kalau kadarnya sudah tinggi bagaimana menurunkannya? Cobalah untuk mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol buruk.

 
1). Gandum

Gandum kaya serat dan dikenal sebagai havermut atau oatmeal yang berasal dari sejenis biji-bijian. Dalam study terhadap sejumlah responden berkadar kolestrol tinggi dan setelah mengkonsumsi bubur havermut selama sebulan, terbukti kadar kolesterolnya berkurang 5%,disbanding yang makan bubur dari beras, sementara LDL-nya bahkan berkurang 10%.

2). Bayam 

Bayam juga sudah terkenal sebagai makanan yang sehat, menurut study terbaru, menyantap makanan yang kaya lutein, walaupun hanya setengah cangkir bisa memperkuat dinding arteri, Bisa mencegah kolesterin menempel di dinding  pembuluh darah dan mempersempit arteri.
 
3). Margarin

Mengganti mentega dengan margarin bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah,menurut studi margarin yang mengandung kolesterol nabati(filosterol) terbukti dapat menahan penyerapan kolesterol pada saluran pencernaan manusia. studi juga menunjukan bahwa perempuan yang banyak menggunakan banyak sterol nabati dalam diet bisa menurunkan kadar kolesterol 3,5%.

4). Havermut atau oatmeal

Mengandung beta glucan tipe khusus serat yang memiliki efek menurunkan kolestrol yang sangat kuat dan dapat juga meningkatkan fungsi system kekebalan tubuh. Oatmeal merupakan campuran yang baik dari serat larut dan serat tidak larut. serat larut merupakan jenis serat yang menurunkan kolesterol darah, Sedangkan serat tidak larut dapat membantu menjaga pencernaan berjalan lancar. Sarapan havermut yang dicampur buah kering dan biji-bijian lain seperti chia(muesli) dan dipadu dengan yogurt atau jus buah atau susu bisa membantu menurunkan kolesterol.


 
5).Teh Hijau

Karena kolesterin pada dasarnya dibutuhkan tubuh,yang penting adalah mengurangi kolesterin buruk LDL tanpa mengurangi kolesterin baik HDL untuk proses ini teh jika terbukti membantu, demikian hasil riset yang dipublikasikan di American journal of clinical nutrition, Minum the hijau disaat yang tepat 3 sampai 6 cangkir tanpa gula perhari membantu meningkatkan metabolism,membakar lebih banyak kalori,meningkatkan kemampuan tubuh untuk membakar lemak juga menghambat perkembangan sel lemak dan mengurangi nafsu makan.
6). Bawang Putih

Bawang putih sudah terkenal khasiatnya bagi kesehatan, selain membuat rasa makanan menjadi lezat bawang putih membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, mencegah penggumpalan darah mengurangi tekanan darah tinggi dan memperkuat tubuh terhadap serangan infeksi, untuk itu dianjurkan makan 2-4 siung bawang segar setiap hari.



7. Alpukat

Buah ini bisa dimakan dalam bentuk apa saja. es alpukat, pelengkap sajian ikan, omelet atau salad. menurut studi Universitas Pennysylvania pada sejumlah penderita obesitas mereka yang berdiet lemak secara moderat tapi makan alpukat,kolesterol LDL berkurang 14mg/d, sementara yang berdiet lemak ketat tapi tidak alpukat hanya turin 7mg/dl.

8. Minyak Zaitun

Kalau sudah biasa menggunakan minyak zaitun untuk masak, berarti anda sudah membantu menjaga kesehatan tubuh,minyak zaitun kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal yang mengurangi kadar kolesterol buruk LDL, Minyak zaitun selain dipakai menggoreng, juga digunakan untuk salah satu campuran bumbu salad, gunakan minyak zaitun untuk turunkan kolesterol buruk.

loading...

Tidak ada komentar