Update

Bahaya Merokok bagi Kesehatan Pernapasan


Untuk menuju kehidupan yang sehat salah satunya adalah dengan menjauhi rokok dan, seperti yang kalian ketahui mengkonsumsi rokok akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh kita, Untuk lebih jelasnya mari kita bahas dampak dari kebiasaan merokok. Rokok merupakan benda yang sudah tidak asing lagi bagi kita, Merokok sudah menjadi kebiasaan yang umum dan sudah meluas di masyarakat, bahaya merokok terhadap kesehatan tubuh telah diteliti dan dibuktikan banyak orang, efek-efek yang merugikan akibat merokok pun sudah diketahui dengan jelas.

Bahaya Merokok bagi Kesehatan Pernapasan
Bahaya Merokok bagi Kesehatan

Banyak penelitian yang membuktikan kebiasaan merokok meningkatkan resiko timbulnya berbagai penyakit seperti penyakit jantung dan gangguan pembuluh darah, kanker paru-paru, kanker rongga mulut, kanker laring, kanker osefagus, bronchitis, tekanan darah tinggi, impotensi, serta gangguan kehamilan dan cacat pada janin, pasien-pasien perokok juga beresiko tinggi mengalami komplikasi atau sukarnya penyembuhan luka setelah pembedahan, termasuk bedah plastik dan rekonstruksi, pada kenyataannya kebiasaan merokok ini sulit dihilangkan dan jarang diakui orang sebagai kebiasaan buruk, apalagi orang yang merokok untuk mengalihkan diri dari stress dan tekanan emosi, lebih sulit melepaskan diri dari kebiasaan ini dibandingkan dengan perokok yang tidak memiliki latar belakang depresi.

Penelitian terbaru juga menunjukan adanya bahaya dari secondshanmoke yaitu asap rokok yang terhirup oleh orang-orang yang bukan perokok karena berada disekitar peroko atau bisa disebut juga perokok pasif, rokok tidak dapat dipisahkan dari bahan pembuatannya yaitu tembakau. Zat kimia yang dijeluarkan ini terdiri dari 85% gas,nikotin dan karbonmonoksida, nitrogen oksida, hydrogen, amoniak, akrolein, asetilen, benzhen, methanol, kumarin, ortokresol dan perylene adalah sebagian dari beribu-ribu zat dalam rokok.

Komponen asap rokok adalah karbonmonoksida, amoniak, asam hidrosianat nitrogen oksida dan formaldehid, partikelnya berupa tar, indol, nikotin, karbarzol dan kresol zat-zat ini beracun, mengiritasi dan menimbulkan  kanker(karsinogen), sebetulnya apasih zat-zat tersebut dan bagaimana mereka membahayakan tubuh.


Zat-zat yang terkandung didalam rokok

1). Nikotin

Zat yang paling sering digunakan dan diteliti orang meracuni syaraf tubuh, meningkatkan tekanan darah, penyempitan pembuluh darah dan menyebabkan ketagihan dan ketergantungan pada pemakainya, kadar nikotin 4-6 mg yang diisap oleh orang dewasa setiap hari sudah bisa membuat seseorang ketagihan.

2). Timah Hitam(PB)

Yang dihasilkan rokok sebanyak 0,5 ug. sebungkus rokok(isi 20 batang) yang habis dihisap selama 1 hari sebanyak 10 ug sementara ambang batas timah hitam yang masuk ke dalam tubuh sebanyak 20 ug perhari, bisa dibayangkan bila perokok berat yang menghabiskan 3 bungkus rokok perhari berapa banyak zat berbahaya ini masuk ke dalam tubuh.

3). Gas karbon monoksida(CO)

Gas karbonmoniksida CO memiliki kecenderungan yang kuat untuk berhubungan dengan hemoglobin dalam sel-sel darah merah. Seharusnya hemoglobin ini berkaitan dengan sel-sel yang sangat penting untuk pernapasan sel-sel dalm tubuh. Tapi karena gas CO lebih kuat dari pada oksigen maka gas CO merebut tempatnya di sisi hemoglobin, jadilah hemoglobin bergandengan dengan gas CO, Kadar gas CO dalam darah yang bukan perokok kurang dari 1% sementara dalam darah perokok mencapai 4,15 %.

4). TAR

TAR adalah kumpulan dari beribu-ribu bahan kimia dalam komponen padat asap rokok dan bersifat karsinogen, pada saat rokok dihisap tar masuk kedalam rongga mulut sebagai uap padat setelah dingin akan menjadi padat dan membentuk endapan berwarna cokelat pada permukaan gigi, saluran pernapasan dan paru-paru, pengendapan ini bervariasi antara 3-4 mg per batang rokok, sementara kadar tar dalam rokok berkisar 24-45 mg.

Dampak kebiasaan merokok

Sudah semestinya dalam rangka mengurangi kebiasaan merokok dalam hal ini yang bertanggung jawab dalam usaha menangani kebiasaan merokok individu itu sendiri dan dibantu oleh orang orang disekitar anda, perlu adanya pembantasan tempat mengenai kesempatan merokok di tempat-tempat umum seperti mall, pasar, sekolah, terminal dan lain-lain.

Seperti yang kalian ketahui, bahwa kebiasaan merokok sangat merugikan bagi kesehatan tubuh namun masih banyak orang secara sadar mengkonsumsi rokok, dengan mengabaikan dampak-dampak yang mungkin timbul akibat merokok tersebut. Adapun dampak-dapak yang ditimbulkan dari kebiasaan merokok bagi tubuh adalah sebagai berikut:

  • ·         Merokok dapat mengganggu saluran pernapasan dan jarinngan paru-paru sehingga timbul   penyakit seperti TBC, bronchitis dan lain-lain.
  • ·         Merokok dapat menyebabkan penyakit jantung coroner
  • ·         Merokok dapat menyebabkan stroke
  • ·         Merokok dapat menyebabkan ketahanan tubuh menurun
  • ·         Untuk wanita hamil dapat mengganggu kehamilan bahkan janin
  • ·         Merokok dapat menyebabkan kemandulan atau impotensi



loading...

Tidak ada komentar