Update

Manfaat jeruk Nipis mengatasi batuk dan radang tenggorokan


Buah jeruk nipis memiliki rasa pahit, asam, dan bersifat sedikit dingin beberapa bahan kimia yang terkandung dalam jeruk nipis antara lain asam nitrat sebanyak 7-7,6% damar lemak, mineral, vitamin B1, minyak terbang, sitrat limonen, fellandren, lemon kamper, geranil asetat, cadinen dan linalin asetat.

Jeruk nipis mempunyai banyak manfat selain itu jeruk nipis juga mengandung vitamin C sebanyak 27 mg/100 gr jeruk, CA sebanyak 40 mg/100 gr jeruk, dan Ph sebanyak 22 mg. Sementara itu efek farmakologis yang dimiliki oleh jeruk nipis diantaranya antidemam, mengatasi batuk, pereda radang tenggorokan, anti inflamasi, dan antibakteri.
 
Bagian yang digunakan dan dan pemanfaatannya 

Buah segar, akar, daun, bunga, dan getah batang dari jeruk nipis dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.

1). Batuk dan demam

Cuci bersih 1 jari rimpang temulawak, potong tipis-tipis lalu rebus dengan 1 gelas air sampai mendidih, saring tambahkan perasan dari ½ potong butir jeruk dan 2 sendok makan madu minum 2 kali sehari masing-masing ½ gelas.

2). Kepala pusing

Cuci bersih 7 helai daun jeruk nipis segar lalu tumbuk sampai halus, tambahkan kedalam hasil tumbukan 1 sendok makan perasan air jeruk nipis aduk sampai rata, gunakan campuran bahan ini untuk menggosok tengkuk, dahi dan pelipis ulangi 2 sampai 3 kali sehari, masing-masing ½ gelas.

3). Menghilngkan keriput pada wajah

Peras 1 butir jeruk nipis dengan satu tusuk sate, bubuhkan kecap ke atas potongan buah tadi lalu panaskan diatas api selama 1 menit, peras jeruknya lalu minum air perasannya sekaligus lakukan 2 kali sehari dengan cara yang sama.

4). Pelangsing

Peras 1 butir jeruk nipis lalu seduh dengan 1 gelas air panas bersama teh hijau secukupnya, minuman ramuan setiap pagi dan sore dengan cara yang sama.

5). Sakit tenggorokan 

Tusuk sepotong jeruk nipis dengan tusuk sate, bubuhkan kecap keatas potongan buah tadi, lalu panaskan diatas api selama 1 menit peras jeruknya lalu minum air perasannya sekaligus lakukan 2 kali sehari dengan cara yang sama.

6). Tenggorokan berdahak

Peras 2 butir jeruk nipis lalu seduh dengan ½ cangkir air panas, tambahkan sedikit garam, aduk lalu minum saat hangat sebelum sarapan.

Baca Juga: 




loading...

Tidak ada komentar