Update

Manfaat kopi dan teh untuk mencegah berbagai penyakit



Kopi. Sering disebut minuman anti kantuk dan banyak orang yang mengakali rasa kantuknya dengan kopi sedemikian diminatinya minuman kopi ini hingga berjamur gerai kopi ditiap kota, namun bolehkah meminum kopi? dibutuhkan satu kebijakan untuk meminumnya,tentang kapan minum dan seberapa sering kita minum, didalam kopi terkandung kafein yang merupakan senyawa alkaloid yang dikenal sebagai trimetilsantin, dengan jumlah kandungan dalam kopi adalah 1-1 ½ sedangkan pada teh 1-4,8 %,kafein bekerja dalam tubuh dengan mengambil alih reseptor adenosine dalam sel syaraf yang akan memacu produksi hormon adrenalin.

 
Manfaat kopi

Dalam dunia medis kafein sering digunakan sebagai perangsang kerja jantung dan meningkatkan produksi urin, dalam dosis rendah kafein dapat menjadi sebagai bahan pembangkit stamina dan penghilang rasa sakit. Mekanisme kafein dalam tubuh adalah menyaingi fungsi adenosin  salah satu senyawa yang ada dalam sel otak bisa membuat orang cepat tertidur, kafein tidak mempergerak sel-sel tubuh melainkan membalikan semua kerja adenosin sehingga tubuh tidak lagi mengantuk, tetapi muncul perasaan segar, sedikit gembira, mata terbuka lebar, jantung berdetak lebih kencang. Tekanan darah naik, otot-otot berkontraksi  dan hati akan melepas gula ke aliran darah yang akan membentuk energy ekstra itulah sebabnya berbagai minuman pembangkit stamina mengandung kafein sebagai bahan utamanya.

Baca Juga:  

Manfaat avocado untuk berbagai penyakit


Manfaat teh

1). Memperkuat gigi dan mencegah karies pada gigi

Unsur fluoride yang cukup tinggi pada teh dapat membantu mencegah tumbuhnya karies pada gigi serta dapat memperkuat gigi.

2). Mengurangi resiko keracunan makanan 

Menurut penelitian di Taiwan dan jepang unsur catechin salah satu unsur dalam polyphenol terbukti memiliki kemampuan untuk menghentikan pertumbuhan beberapa bakteri yang menyebabkan keracunan makanan.

3). Memperkuat daya tahan tubuh

Dengan adanya vitamin C dan E dapat juga memperkuat daya tahan tubuh.

4). Menyegarkan tubuh

Teh mengandung jenis kafein yang berbeda dengan kopi ,sehingga teh dapat merangsang  system syaraf tubuh dan pengambilan oksigen ke dalam tubuh lebih lancar.
 
5). Mencegah tekanan darah tinggi

Epigalocattechin dan epicatechin gallat yang merupakan varian dari catechine ternyata mampu bertindak sebagai inhibitor dari angioten-sin transferase yaitu enzim penyebab tekanan darah tinggi, mengurangi kadar kolesterol dalam darah, dan menangkal radikal bebas sehingga bisa mengurangi resiko terkena penyakit kardiovaskular.

6).menangkal kolesterol

Catechin juga ternyata juga telah terbukti dapat mengurangi penimbunan kolesterol  dalam darah dan mempercepat pembuangan kolesterol melalui feses.

7). Mengoptimalkam metabolisme gula

Mangan(mn) yang terkandung di dalam teh bisa membantu pengurangan gula menjadi energy. Dengan demikian teh bisa membantu menjaga kadar gula dalam darah.

8). Mencegah pertumbuhan kanker

Catechin dapat menghambat terjadinya mutasi pada sel-sel tubuh dan menetralisir radikal bebas.

loading...

Tidak ada komentar