Update

Manfaat Lidah Buaya untuk Penyembuhan Luka


Lidah buaya termasuk tanaman sukulen(berdaging dan bergetah), daun lidah buaya berdaging tebal, batang lidah buaya dikelilingi oleh daun-daun yang lebih tebal berbentuk roset dengan mempunyai ujung yang lebih runcing yang mengarah ke atas.karena batangnya gemuk dengan daun berduri, kumpulan daun ini terlihat dari jauh berbentuk tunggal seperti tanaman, Daun lidah buaya sebagian berisi pulp/daging daun yang mengandung getah bening atau lekat, sedangkan bagian luar daun berupa kulit tebal yang berklorofil, Akar lidah buaya merupakan akar serabut, pendek-pendek dan biasanya berada di sekitar permukaan tanah, tanaman ini tahan terhadap kekeringan karena mempunyai stomata lebih tebal sehingga bisa tertutup rapat sekali yang dapat mencegah penguapan air dan daging buah didalamnya benar-benar terhindar dari kekeringan.


Kandungan bunga tanaman ini adalah polisakarida, glukomanan, asam kristofan dan enzim protease(pemecah protein) dalam getah pulp tersebut, selain mempunyai kandungan tersebut, masih ditemukan sejumlah asam amino,vitamin dan mineral,asam amino dapat membantu dalam menyusun protein pengganti sel-sel kulit yang rusak akibat luka, sedangkan vitamin dan mineral menjadi  penolong dalam rangkaian proses kimia yang diperlukan dalam penyembuhan luka.

Terdapat dua jenis cairan pada daun lidah buaya cairan pertama berupa cairan bening seperti jelly(lendir), Cairan ini mengandung zat anti bakteria dan anti jamur, serta salisilat yang dapat merangsang fibroblast, Oleh karena itu lidah buaya di yakini dapat menyembuhkan luka, meredam rasa sakit dan berkhasiat sebagai anti bengkak,di dalam lendirnya juga terkandung berbagai mineral ,vitamin, dan enzim. Beberapa mineral yang terkandung di dalamnya di antaranya kalsium, natrium, kalium. magnesium ,seng, tembaga dan kromium. Beberapa diantaranya mengandung vitamin B1, B2 niasinamid, B6, kolin,asam folat,dan vitamin C,zat-zat tersebut berguna untuk pertumbuhan tulang, pembentukan dan penggantian jaringan,pengaturan metabolisme dari dalam tubuh, dan pengaturan gerak urat syaraf ,kandungan lain didalamnya adalah glucose,mannose ,aldonentose,amylase,katalase,lipase,lisin,threonin,valin,methionin,leusin,isoleusin fenilalanin.

Baca Juga 
 
5 Cara mengendalikan tekanan darah
 

Cairan kedua berupa cairan berwarna kekuningan yang berasal dari getah kulit luar lidah buaya, Cairan yang mengandung aloin ini sudah dimanfaatkan secara komersial oleh industry farmasi untuk membuat obat pencahar, namun untuk penggunaan skala rumah tangga, termasuk ibu hamil dan menyusui, penggunaan lidah buaya sebagai obat pencahar tidak dianjurkan karena bisa menimbulkan kram perut dan iritasi, baik pada saluran lambung maupun usus.

Manfaat lidah buaya dapat digunakan untuk mengobati Luka bakar, luka terpukul dan muntah darah.

Cara mengobati Luka
 
1). Gunakan bunga lidah buaya dan tambahkan dagingnya kemudian direbus dengan air secukupnya hasil dari rebusan diminum

2). Mengobati luka terpukul dan muntah darah
Gunakan sebanyak 10-15 gram bunga kering lidah buaya kemudian direbus dengan air secukupnya lalu hasil rebusan diminum.

Kontra indikasi: wanita hamil atau sedang haid, penderita gangguan system pencernaan dan penderita diare dilarang makan obat ini.
Catatan: Bila akan dikombinasikan dengan obat lain maka bahan ini jangan direbus tetapi harus dibuat pil atau bubuk.

Sumber: Gava Media



loading...

Tidak ada komentar