Update

Manfaat mawar unuk mengobati masalah kewanitaan


Khasiat bunga mawar diantaranya sebagai anti radang, anti kejang, melancarkan aliran empedu, sebagai pengatur haid, mengatasi nyeri haid, mengatasi rambut rontok, stroke, mengobati gigitan serangga berbisa, batuk kering, sebagai aromaterapi dan untuk mengatasi jerawat, Bunga mawar putih(rosa alba) dapat digunakan sebagai anti radang ,anti kejang, penyegar, pengatur haid dan tonikum.


Selain itu mawar dapat digunakan sebagai bahan makanan, minuman maupun zat aditif bagi makanan olahan karena kandungan vitamin C nya tidak kalah dengan kandungan vitamin C pada jeruk, mawar sering digunakan dalam bentuk minuman untuk menyembuhkan hati dan usus, terutama dalam hal buang air besar, kandung empedu dan hati hal ini seharusnya sangat baik dalam masalah empedu, selain itu aroma satu buket bunga mawar juga dapat meningkatkan suasana hati.

1). Ramuan untuk jerawat

  • Cara 1. Rebus bunga mawar secukupnya dengan sedikit air,  setelah itu air mawar yang telah disaring sebanyak dua sendok dicampur dengan satu sendok teh serbuk belerang ,oleskan sebelum tidur pada kulit yang berjerawat.
  • Cara 2. Bunga mawar secukupnya keringkan dengan cara diangin-anginkan lalu dihaluskan hingga menjadi bubuk, bubuk tersebut dicampurkan dengan sedikit air lalu dioleskan ke wajah yang berjerawat.

2)   Haid tidak teratur

  • Cara 1. Ambil 15 gram bunga mawar , 15 gram bunga asoka, 90 gr daging lidah buaya ,potong-potong, cuci bersih semua bahan, rebus dengan 600 cc air hingga tinggal 200 cc lalu saring, minum 2 kali sehari sesudah makan.
  • Cara 2. Seduh 20 gr bunga mawar segar dengan 1 gelas air panas untuk diminum 2 kali sehari.

3)   Nyeri haid

  • Cara 1. Ambil 15 gr bunga mawar , 15 gram daun dewa , cuci bersih kedua bahan, rebus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc lalu saring, Minum 2 kali sehari.
  • Cara 2. Ambil 5 kuntum bunga mawar, 15 gram temu hitam(curcuma aeruginosa roxb), direbus dengan air secukupnya ,diminum airnya setelah disaring.
  • Cara 3. Ambil 5 gr bunga mawar kering, 5 gr teh hijau ,tambahkan madu secukupnya lalu direbus dengan 300 cc air sampai mendidih,diamkan selama 3 menit,diminum setelah dimakan.
  • Cara 4. 15 gr bunga mawar kering, 10 gr lempuyang(Zingiber aromaticum val.), 10 gr temulawak, 10 gr kunyit direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc kemudian disaring dan diminum 2 kali sehari secara teratur.

4).  Sebagai aromaterapi

Aroma yang dihasilkan bunga mawar mampu meningkatkan aktifitas memori otak dengan kata lain sebagai aromaterapi dari hasil penelitian lubec university di jerman aroma bunga mawar terbukti bisa meningkatkan aktifitas seseorang ketika tidur.

5)  Sebagai pengencang kulit

Siapkan air bunga mawar 70 ml , cuka pepaya 10 ml, dan air lavender 20 ml campur semua bahan tersebut dan gunakan 2 kali sehari.

6)  Sakit waktu haid

15 gr bunga bunga bugenvil, 15 gr bunga mawar  dan 70 gr daun lidah buaya yang telah dikupas kulitnya, direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, disaring lalu airnya diminum untuk 2 kali sehari, setiap kali 150 cc.


loading...

Tidak ada komentar