Update

Makanan Sehat dan Bergizi yang perlu dikonsumsi Sehari-hari


Makanan sehat yang perlu dikonsumsi

1). Makan sehat yang perlu dikonsumsi sehari-hari adalah makanan dengan banyak variasi agar tubuh menerima semua bahan giji termasuk vitamin dan mineral, setiap santapan hendaknya mengandung bahan makanan dari ke empat kelompok dibawah ini dan bagilah santapan secara merata sepanjang hari.

2). Nasi, roti, umbi-umbian dan kacang-kacangan.

3). Sayuran dan buah-buahan segar(mengandung serat gizi).

4). Daging, ikan, susu serta keju dan produk susu lainnya hendaknya setiap orang makan 75%-100 gr produk daging dalam sehari.

5). Batasi pemasukan kolesterol seperti makan telur dan udang hanya 3 kali seminggu dan jeroan hati,usus 1 kali setiap dua minggu.

6). Batasi pemasukan garam termasuk ikan asin,lebih baik menggunakan bumbu-bumbu untuk meningkatkan selera, sebagai pedoman kurang lebih 6 gr garam sehari.

7). Batasi pemasukan minyak dan lemak, terutama lemak hewan (mentega), margarin, minyak kelapa dan santan untuk menggoreng sebaiknya menggunakan minyak tak jenuh 60%(minyak kedelai, jagung, dan bunga matahari). Bahan makanan dengan banyak lemak  adalah semua jenis kue kering. Bolu dan biskuit, kacang tanah, keju, dan cokelat.

8). Batasi penggunaan gula karena mengandung kalori, produk-produk yang mengandung banyak gula adalah selai. Semua jenis kue, kembang gula, cokelat sirup, minuman berkarbonasi. Eskrim dan buah-buahan dalam kaleng.

9). Minum lebih banyak air atau teh hijau minimal 2,5 liter sehari.

Baca Juga: 



Memelihara berat badan

Guna mencegah kegemukan perlu makan secukupnya tanpa berlebihan, juga hendaknya dijaga jangan sampai peningkatan berat badan terlalu besar. Berat badan yang tepat dapat dihitung dengan formula tertentu, yaitu :

Index masa tubuh(IMT)= berat badan(kg)/(tinggi)2 (m2)= antara 20-25
Catatan orang dengan berat badan 62 kg dan tinggi 1,70 m memiliki
IMT=62:(1,70 x 1,70)= 21,4

Melakukan aktifitas fisik adalah penting sekali latihan ini hendaknya dilakukan secara teratur dan cukup berat, melakukan olahraga seperti jalan cepat, bersepeda atau renang, selama 30 menit 2-3 kali seminggu diusahakan denyut jantung meningkat sampai 120-150/menit(tergantung dari usia) dengan aktifitas ini kolesterol HDL akan meningkat,

Berhenti merokok karena merokok adalah salah satu resiko PJP.

Dengan tindakan sederhana tersebut kolesterol dapat diturunkan sampai 10-20% dalam waktu 2-3 bulan.

Bahan makanan essensial adalah
  • ·         Karbohidrat
  • ·         Protein
  • ·         Sayuran dan buah-buahan
  • ·         Lemak dan minyak
Kalori. Semua bahan makanan dalam tubuh ”dibakar” untuk memberikan energy bagi aktifitas otot dan organ-organ kita(bernapas, jalan, berolahraga, dan sebagainya).Tiga kelompok utama adalah karbohidrat (gula, nasi, mie, roti, jenis-jenis tepung) Protein(daging, ikan, telur susu) dan lemak(minyak, telur, eskrim, keju, susu, cokelat). Energi yang dihasilkan dinyatakan sebagai kalori(kkal) pada pembakaran makanan, setiap gram karbohidrat dan protein menghasilkan kurang lebih 4 kkal, sedangkan setiap gram lemak menghasilkan kurang lebih 9,2 kkal.

Protein terdapat dalam daging, ikan telur, susu, youghurt, dan keju, tetapi juga dalam produk-produk nabati, misalnya jenis-jenis kacang kedelai, polong, kacang merah, dan lain-lain,beras merah,dan jamur anak maupun dewasa memerlukan 75-100 gr daging dalam sehari, bahan makanan yang mengandung banyak kolesterol (udang,hati,usus dan sebagainya) sebaiknya hanya dimakan 1 kali  dalam dua minggu dan telur 2-3 kali dalam seminggu 1-2 butir selain itu makanan harus mengandung cukup serat gizi(sayur-sayuran, buah-buahan).






loading...

Tidak ada komentar