Update

Cara Mengobati Paru-Paru Basah secara Alami


Cara Mengobati Paru-Paru Basah secara Alami

Paru-paru merupakan salah satu organ penting bagi kehidupan manusia, karena berfungsi pada system pernapasan manusia, paru-paru sebagai tempat pertukaran oksigen yang diperlukan manusia dan karbon dioksida yang merupakan hasil sisa metabolisme proses pernapasan. Jika kesehatan paru-paru terganggu tubuh dapat menjadi sakit bahkan mengakibatkan kematian.

1). Tubercolosis

Penyakit TBC disebabkan oleh ycobacterium tuberculosis, penyakit TBC dapat menular melalui percikan air ludah saat penderita batuk, penyakit TBC meliputi batuk berdahak selama tiga minggu atau mengeluarkan darah saat batuk, pada malam hari umumnya penderita TBC akan berkeringat, nafsu makan penderita  TBC akan menurun sehingga menjadi kurus.

Pengobatan TBC bagi penderita yang sudah diketahui sejak dini mengidap TBC dapat menggunakan obat yang sudah disediakan oleh pemerintah, obat tersebut harus diminum secara teratur selama 6 atau 9 bulan untuk mengobati penyakit tersebut.

Pencegahan TBC yaitu dengan memeriksakan diri jika kita mengalami batuk yang tidak segera sembuh, kita juga harus berhati-hati jika berbicara terlalu dekat dengan penderita TBC, jika diperlukan penyakit TBC dapat dikarantina ditempat khusus agar penderita TBC tidak menular ke orang lain.

Baca Juga: 




2). Asma

Penyakit asma merupakan penyakit paru-paru yang disebabkan oleh penyempitan sementara pada saluran pernapasan atau tenggorokan sehingga penderita mengalami sesak napas. Gejala penyakit asma berupa sesak napas disertai suara(bengek). Asma dapat terjadi karena faktor keturunan dan juga alergi, jika orang tua atau kakek dan nenek menderita asma penyakit tersebut dapat menurun kepada anak atau cucunya, debu, perubahan suhu, kelembapan, gerak badan yang berlebihan atau ketegangan emosi dapat menyebabkan alergi. Alergi tersebut menyebabkan selaput yang melapisi tenggorokan akan bengkak dan mengeluarkan lendir yang berlebihan. Akibatnya, tenggorokan menjadi sempit dan penderita sulit bernapas. Jika terjadi demikian, penderita harus segera mendapat pertolongan agar tidak berakibat fatal.

Jika terjadi serangan asma, penderita segera diberi obat pelega berupa bronchodilator dengan cara dihirup. Cara lainnya yaitu dengan melakukan terapi yang mengajarkan cara relaksasi dan mengatur napas saat terjadi serangan asma. Jika penyakit asma sudah berat, penderita dapat menggunakan obat pelega setiap hari sampai serangan asma dapat dikontrol.

Pencegahan dapat dilakukan dengan menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan alergi dan terjadinya serangan asma. Misalnya membersihkan debu dikamar tidur dan ruang lainnya. Selain itu suhu dan kelembapan ekstrim, binatang piaraan, atau makanan yang dapat menimbulkan alergi juga harus dihindari.

3). Bronchitis

Penyakit bronchitis(Paru-Paru Basah) terjadi pada peradangan pada saluran yang membawa udara menuju paru-paru(bronkus). Peradangan tersebut terjadi karena infeksi kuman, bakteri atau virus. Penyebab lainnya karena polusi udara. Gejala bronchitis disebabkan karena adanya infeksi kuman berupa batuk disertai demam atau dahak yang berwarna kuning. Jika bronchitis sudah kronis, gejalanya berupa batuk berdahak serta sesak napas selama beberapa bulan sampai beberapa tahun.

Pengobatan terhadap bronchitis(Paru-Paru Basah) yang disebabkan oleh bakteri dan kuman dilakukan dengan memberi minum obat antibiotik kepada penderita sesuai dengan anjuran dokter, jika disebabkan oleh virus penderita cukup diberi obat-obatan untuk meringankan gejala.
Pencegahan terhadap bronchitis yaitu dengan meningkatkan daya tahan tubuh, bronchitis kronis dapat diatasi dengan menghentikan kebiasaan merokok atau menghindari asap rokok.

Ramuan obat paru-paru

Daun meniran dapat digunakan untuk mengobati penyakit paru-paru, Rebuslah daun meniran dengan air sebanyak 4 gelas sampai mendidih dan sisakan airnya kira-kira 2 gelas. Air rebusan tersebut diminum secara teratur sampai penyakit hilang, Minumlah setiap pagi sebelum makan nasi dan makan menjelang tidur sebanyak satu gelas.

Sumber Referensi:

https://www.halodoc.com/jangan-sepelekan-penyakit-paru-paru-basah-ini-ciri-tips-mencegahnya
https://www.sehatq.com/artikel/meniran-hijau-tumbuhan-berdaun-kecil-namun-bermanfaat

loading...

Tidak ada komentar