Update

Cara Mengatasi Sakit Perut dengan Cepat



1). Antasida yang dijual bebas

Pergunakanlah antasida untuk mengatasi sakit perut, bagaimana cara kerja antasida? Antasida mengandung unsur seperti kalsium atau magnesium untuk menetralkan asam yang dikeluarkan oleh lambung(asam lambung). Produk seperti Pepcid dan zantac yang disebut juga H2 blocker juga membantu mengurangi gejala refluks.

Pastikan untuk menggunakan antasida sesuai petunjuk, tidak ada salahnya membawa antasida ketika bepergian untk berjaga-jaga, namun apabila telah sering atau rutin mengkonsumsi antasida berkonsultasilah dengan dokter mengenai kondisi perut selama beberapa waktu terakhir.

2). Makanan ringan

Makanlah makanan ringan atau snack setelah mengalami sakit perut atau diare, apakah pengaruh makanan ringan? Pasang nasi ,saus, apel dan roti bakar adalah satu paket makanan ringan yang dapat menenangkan kram perut dan merupakan makanan yang mudah dicerna, youghurt juga merupakan alternative minuman yang ringan.

3).Minum

Minumlah ketika sakit perut/setelah muntah, apa pengaruh minum setelah sakit perut dan setelah muntah? Setelah muntah tubuh akan kehilangan banyak cairan dan juga kehilangan elektrolit dan juga nutrisi lainnya, sehingga cairan yang hilang tersebut harus diganti dengan segera. Minuman seperti kacang hijau, Blackberry, atau minuman yang memiliki kandungan antioksidan mempunyai efek menenangkan pada tingkat emosional.
 
Baca Juga:  

Cara Mencegah dan Mengatasi Sakit Maag


 

4). Obat herbal

Kapan perlu menggunakan obat herbal? Jika perut terasa sakit atau kembung gunakanlah secara rutin jika memang mempunyai masalah perut yang kronis, namun sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter mengenai penggunaan obat herbal tersebut.
Tanaman herbal seperti jahe, peppermint, dan adas dapat digunakan sebagai alternative solusi dari bahan alami untuk sakit perut, peppermint dapat membantu pencernaan karena mempunyai sifat dapat menghilangkan gas dan mengurangi kram, Biji adas dapat mengurangi kembung dan meminimalkan produksi gas, minum jahe, peppermint atau teh adas setelah makan makan makanan yang terlalu pedas dapat menghindarkan gangguan pencernaan, jika menderita sakit perut secara rutin,  berkonsultasilah dengan dokter.
 
5). Probiotik

Kapan perlu menggunakan probiotik? Jika sering mengalami sakit perut atau gangguan secara rutin, tidak ada salahnya mengkonsumsi makanan atau suplemen yang mengandung probiotik setiap hari.

Probiotik adalah bakteri menguntungkan yang membantu mempertahankan saluran pencernaan  pencernaan yang sehat, belum diketahui secara pasti bagaimana cara kerja atau mengatasi sakit perut atau gangguan pencernaan, atau biasanya ketika seseorang mengkonsumsi probiotik ketika sakit perut kebanyakan dari mereka merasa lebih baik, produk susu seperti youghurt dan buttermilk juga mengandung strain yang berbeda dari acidophilus yang merupakan probiotik yang kuat, probiotik dalam youghurt benar-benar telah terbukti memperpendek durasi sakit perut.

                                                                                                                                                           
loading...

Tidak ada komentar