Update

Cara Alami Mencegah Kanker dengan Lidah Buaya


Cara Alami Mencegah Kanker dengan Lidah Buaya
Add caption

Kanker merupakan salah satu penyebab utama kematian karena kurangnya perawatan terhadap penyakit tersebut, sebagian besar kanker dapat dirawat dan disembuhkan jika perawatan dimulai sejak awal, diagnosis terhadap adanya kanker dilakukan dengan pemeriksaan mikroskopik yang diperoleh melalui pemeriksaan terhadap organ-organ atau jaringan-jaringan yang hidup pada organisme(biopsi), jika telah diketahui terhadap kanker pada salah satu bagian tubuh, kanker tersebut biasanya akan dirawat dengan cara melakukan pembedahan atau operasi, kemoterapi atau radioterapi. 

Pembedahan atau operasi bertujuan untuk mengangkat kanker dan biasanya juga sel tubuh normal yang telah terkontaminasi sel kanker, kemoterapi adalah pengobatan dengan cara memasukan obat antikanker melalui jalur infus, kemoterapi bertujuan untuk menghentikan pertumbuhan sel kanker yang tidak terkendali, membunuh atau mencegah sel kanker menyebar ke tempat lainnya, Radioterapi adalah pengobatan menggunakan sinar rontgen untuk membunuh sel kanker.

Pencegahan kanker

Berbagai jenis kanker berhubungan dengan faktor lingkungan yang dapat dihindari. Sebelum penyakit mematikan tersebut menyerang tubuh berikut beberapa tips untuk mencegah kanker 

1). Berhenti merokok 

Rokok yang mengandung banyak nikotin merupakan penyebab utama terjadinya kanker paru-paru.

2). Menghindari paparan sinar matahari langsung 

Paparan sinar matahari yang langsung melalui tubuh dan terjadi secara terus menerus dapat menyebabkan timbulnya kanker kulit, kulit sebaiknya dilindungi dengan krim tabir surya, topi dan payung.

3). Mengurangi makanan berlemak 

Mengonsumsi banyak makanan berlemak, seperti daging dapat memperbesar resiko terkena kanker kolon, kanker payudara, kanker rahim dan kanker kandung empedu.

4). Memperbanyak makanan berserat 

Mengonsumsi makanan yang merupakan sumber serat alami dapat melindungi tubuh dari kanker usus besar, Contoh makanan berserat, gandum, beras, dan buah-buahan.

5). Meminimalkan asupan makanan yang diasap, dibakar dan diawetkan dapat meningkatkan resiko terjangkitnya kanker.



6). Memilih makanan yang banyak mengandung vitamin A  dan C 

Kandungan antioksidan dalam vitamin A dan C Dapat menangkal radikal bebas penyebab kanker yang terdapat didalam tubuh

7). Mengonsumsi sayuran golongan kubis

Mengonsumsi kol, brokoli, dan bunga kol menghindari tubuh dari kanker lambung, kanker usus besar dan kanker saluran napas.

8). Mengindari minuman beralkohol 

Minuman beralkohol dapat meningkatkan resiko terkena kanker hati dan kanker lambung.

9). Menjaga asupan air

Air putih dapat membantu melancarkan berbagai proses metabolisme di dalam tubuh sehigga dapat menghindarkan tubuh dari berbagai penyakit.

10). Melakukan aktifitas teratur dan olahraga 

Aktifitas dan olahraga yang dilakukan secara teratur dapat membantu membakar lemak yang dapat menjadi sumber penyakit kanker.

11). Memeriksakan diri secara teratur 

Memeriksakan diri secara teratur setiap 6 bulan sekali dapat menjadi pantauan untuk mengetahui kondisi kesehatan.

12). Pola hidup seimbang
Pola hidup seimbang meliputi pola makan, istirahat dan beraktifitas kita juga harus semaksimal mungkin menghindari stres.

Lidah buaya sebagai pencegah kanker

Lidah buaya berfungsi menstimulasi kekebalan tubuh terhadap serangan kanker dan ditunjang dengan khasiatnya sebagai antiinflamasi(antiradang), sediakan 1 buah pelepah lidah buaya yang sudah tua berukuran sedang, dibuang durinya tetapi jangan buang kulitnya, potong-potong dan rebus dengan 3 gelas air sehingga tersisa 1 gelas. Air rebusan lidah buaya dimunum 3 kali sehari, setiap kali hendak minum kita harus membuat rebusan baru.

Sumber Referensi:

https://hellosehat.com/kesehatan/penyakit/kanker/
https://www.jpnn.com/news/lidah-buaya-bisa-membantu-mencegah-kanker?page=2



loading...

Tidak ada komentar