Update

Cara Mengatasi Depresi dengan Terapi Sendiri



Datang tak diundang pergi harus diusir dengan paksa itulah depresi karena dapat terjadi di semua kalangan baik artis, penonton, anak-anak, remaja, dewasa maupun lansia statistic dari badan kesehatan dunia WHO menyatakan bahwa depresi merenggut lebih dari 850.000 jiwa setiap tahun.

Sebenarnya apakah depresi itu? Depresi sama dengan perasaan sedih, murung, kesal, tidak bahagia dan menderita. Istilah depresi pada umumnya untuk memperjelaskan keadaan melibatkan kesedihan dan emosi negative yang mengganggu, merasa tidak dihargai, marah, tidak bersemangat, pesimis cenderung berkeinginan untuk bunuh diri, dan bahkan sampai melakukan tindak bunuh diri.


Depresi dapat muncul dalam bentuk gangguan tidur dan kehilangan napsu makan perasaan bersalah tak berguna, lelah dan tak ingin melakukan apapun. Tanda lain adalah mudah marah, keresahan fisik, penggunaan zat terlarang, penurunan konsentrasi dan daya piqir.
Berdasarkan penelitian mereka yang mengalami depresi merasakan kegunaan mekanisme pengendalian diri, Contohnya adalah membicarakan persoalan dengan orang lain yang dipercaya, berolahraga teratur hingga menjalin komunikasi yang lebih erat dengan orang orang terdekat. 

Namun tak perlu khawatir depresi dapat berkurang dengan sejumlah kebiasaan serta terapi yang harus dilakukan sendiri oleh orang-orang rentan terkena depresi seperti berikut ini.

1). Jangan Paranoid

Jangan sering berpikir tentang kemungkinan terburuk, hal ini akan membuat kita mudah cemas dan semakin ciut keberanian, Belajarlah untuk ikhlas dan menjalani realita dengan demikian anda tidak akan mudah tertekan dan mengalami kecemasan.

2). Fokus Hal Positif

Coba lebih fokus pada banyak hal positif dalam hidup kita, berhenti memikirkan omongan orang semua orang punya kekurangan namun juga punya kekuatan untuk melampauinya dengan kelebihan, berpikir negative hanya membuat kita mudah sakit.


3). Hindari Overthinking

Salah satu kebiasaan orang stres adalah ketika kita overthinking. Hindari kebiasaan ini dengan lebih merealisasikan dibanding hanya memikirkan, Overthinking hanya membuat kita mudah cemas dan selalu berpikir negatip.

4). Buat Rencana

Rencana harian dibuat agar kita tidak mudah hilang focus dalam melakukan sesuatu, pastikan kita punya tujuan karena kebiasaan rutin dan terencana akan membuat kita lebih tertata dan tidak mudah hilang arah.

5). Jangan berpikir hitam dan putih

Kita akan tertekan saat harus membagi kehidupan menjadi hitam dan putih, benar atau salah. Hidup ini ada banyak warna dan itulah mengapa kita tidak bisa melihat sesuatu dari satu sisi saja. Kadang kita melakukan kesalahan, namun pasti ada pelajaran didalamnya.

6). Hidup Teratur 

Makan sehat, Olahraga dan istirahat Cukup adalah terapi paling mudah yang bisa kita lakukan  sesibuk apapun kita, jangan meninggalkan rutinitas wajib ini seringnya karena kita tidak rutin melakukan hal tersebut, kita mudah sakit dikala stress melanda.
loading...

Tidak ada komentar