Update

Cara Alami Melembabkan Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Melembabkan bibir kering secara alami - Bibir kering dan pecah-pecah kedengarannya seperti sebuah masalah yang sederhana. Akan tetapi jika sudah pernah merasakan bagaimana bibir pecah pecah pastilah tahu kalau masalah ini bisa menyebabkan iritasi dan menimbulkan rasa sakit terutama saat makan 
 
Bibir yang pecah juga bisa mengalami peradangan dan menimbulkan luka goresan. Jika tidak ditangani dengan benar akan memicu pendarahan pada bagian bibir, tentunya akan mengganggu aktifitas harian kamu. Namun jangan khawatir masalah ini jangan dicegah dan ada berbagai cara untuk mengatasi bibir pecah-pecah . Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi bibir pecah-pecah:

Melembabkan Bibir Kering dan Pecah-Pecah
foto: Brilio.net
Pencegahan

Ketika bibir mulai mengering hal pertama yang perlu dilakukan untuk melembabkan bibir kering adalah dengan cara menjilatinya. Tentu hal ini akan meredakan bibir kering selama beberapa waktu, namun begitu ludah mengering bibir akan kering lagi bahkan lebih kering dari pada sebelumnya.

Menjilati bibir akan menghilangkan minyak alami yang ada pada bibir, selain itu zat kimia dalam ludah yang berfungsi mencerna makanan malah akan berusaha mencerna bibir. Ada baiknya melembabkan bibir kering dengan madu, dan dengan memperbanyak mengonsumsi air putih, selain itu lindungilah bibirmu yang sensitive dengan lip balm yang mengandung sunscreen ketika berada diluar ruangan.

Jika kamu adalah perokok, maka hentikanlah kebiasaan merokok yang akan mengeringkan minyak bibir dan meninggalkannya dalam keadaan pecah-pecah.

Baca Juga: 



12 Penyebab Gigi Menguning yang tidak kita sadari 
  

Penanganan

Jika segala upaya untuk mencegah bibir pecah-pecah dan berdarah telah gagal, cobalah untuk melakukan pengobatan:

  • Pilihlah lipbalm yang di desain untuk bibir pecah-pecah, hal ini akan mencegah bibir yang pecah-pecah.
  • Untuk mengangkat sel-sel kulit kering dari bibir oleskanlah Vaseline dalam jumlah kecil ke sikat gigi yang baru kemudian gosokkan secara perlahan kepada bibir yang mengering, Namun jangan melakukan itu jika bibir dalam kondisi berdarah, jika bibir meradang oleskanlah krim hydrocortisone untuk mengurangi peradangan.
  • Pastikan untuk selalu minum air putih dua liter setiap harinya dan menghindari minuman yang mengandung kafein setiap harinya.
  • Oleskan mentega pada bibir untuk mengatasi bibir pecah-pecah, cara ini bisa menjaga kelembutan dan menyembuhkan retakan-retakan pada bibir.
  • Cara lain seperti mengambil kelopak bunga mawar dan mencampurkannya dengan susu segar, selanjutnya hasil rendaman dioleskan ke bibir. Cara tersebut bukan hanya menghilangkan pecah-pecah namun juga mencegah menghilangnya warna pink pada bibir.
  • Oleskan susu krim pada bibir, hal ini akan membantu mengangkat sel kulit kering yang mati dan melembutkan bibir.
  • Gosokkan potongan mentimun pada bibir, cara ini akan mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.
  • Oleskan minyak kelapa ke bibir secara rutin.
  • Oleskan madu dua kali sehari.
  • Gel lidah buaya bisa juga untuk menghentikan bibir yang pecah-pecah.
  • Satu hal yang harus di perhatikan adalah usahakan agar tubuh tidak kekurangan vitamin B, asam lemak essensial yang akan membuat bibir pecah-pecah.
loading...

Tidak ada komentar