Update

5 Jenis Olahraga yang baik untuk menjaga kesehatan


Untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh kita kita bisa melakukan olahraga yang sederhana ringan dan dapat dilakukan sehari-hari atau setidaknya berkala minimal dua kali dalam seminggu, Olahraga tersebut antara lain.

Olahraga yang baik untuk menjaga kesehatan
Olahraga yang baik untuk menjaga kesehatan

1). Jalan kaki atau lari santai

Olahraga Kesehatan Jasmani - Olahraga ini dilakukan minimal 1000 langkah setiap gerakan kaki, tangan, atau kaki kiri dianggap satu langkah. Mengapa harus paling sedikit seribu langkah? Pada langkah ke seribu atau seterusnya mesin tubuh mulai panas dan fungsi detoks tubuh mulai bereaksi dengan mengeluarkan keringat.

Standar minimal tersebut bisa berbeda pada setiap orang yang terpenting meningkatkan pencapaian target secara berkala hingga level tertentu. Selanjutnya intensitas bisa diturunkan atau dinaikan kembali tergantung pada kondisi badan sebagai penjagaan.
Jogging bisa dilakukan di dalam rumah dengan memanfaatkan alat fitnes sederhana atau threadmil di rumah.

Berjalan kaki atau bersantai memiliki banyak sekali manfaat, antara lain melancarkan sirkulasi darah, mengendalikan gula darah, menjaga kesehatan jantung, memperkuat paru-paru, mencegah osteoporosis, menurunkan kolesterol, menurunkan tekanan darah, mencegah stroke, menjaga daya tahan tubuh, meningkatkan metabolisme tubuh, membakar lemak mencegah timbulnya jerawat, membuat otak melepaskan hormon endhorpin(hormone yang memunculkan rasa senang), meningkatkan konsentrasi, menguatkan otot kaki, mengurangi resiko pikun, dan memperbaiki kualitas tidur.

2). Lompat tali(skiping)

Lompat tali minimal dilakukan 100 lompatan tanpa jeda hingga 200 lompatan jika sudah terbiasa lompat tali jika dilakukan selama setengah hingga satu jam dapat membakar 1000 kalori.

Jika menggunakan tali di rasa terlampau rumit, merepotkan atau khawatir merusak barang dirumah, skipping bisa di lakukan tanpa menggunakan tali yang target jumlah lompatan tercapai dan dilakukan secara konsisten sehingga memberikan manfaat yang besar bagi tubuh.

Manfaat lompat tali antara lain, mengencangkan otot, menurunkan berat badan menjaga energy tubuh, menambah tinggi badan membentuk fostur tubuh yang baik terutama bentuk kaki, memperbaiki pola menstruasi yang tidak teratur, mencegah osteoporosis, meningkatkan kemampuan fungsi otak, membuang toksin dalam tubuh, menyehatkan kulit dan mencegah stres.

3). Senam Aerobik

Aerobik termasuk senam yang santai meskipun tetap energik, tidak menuntut energy yang lebih sehingga bisa dilakukan semua kalangan, termasuk anak dan orang tua, senam aerobik terkadang disebut senam kardiovascular karena bertujuan meningkatkan denyut jantung selama durasi tertentu.

Manfaat senam aerobik adalah untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh. Meningkatkan fungsi jantung dan mengurangi berat badan, meningkatkan kekuatan otot, memperbaiki mood, mengurangi stres, meningkatkan HDL(High Density Lipoprotein) sekaligus menurunkan LDL(Low Density Lipoprotein) sehingga membersihkan akteri dari plak yang dibuat oleh LDL. Aerobik juga bermanfaat untuk menambah stamina, mencegah diabetes, mengatasi insomnia, memperkuat tulang sendi serta meningkatkan elastisitas otot dan kulit sehingga tampak lebih muda dan cerah, dan membantu kelancaran persalinan normal.

4). Bersepeda

Bersepeda adalah salah satu olahraga yang baik untuk menjaga kesehatan, aktifitas fisik yang paling banyak dilakukan orang selain jogging. Terkadang tidak terasa sebagai olahraga karena aktifitas ini sangat menyenangkan, bersepeda juga menjadi olahraga yang cocok dan disukai karena ringan dan mudah dilakukan serta tidak menimbulkan polusi suara maupun udara.

Karena manfaatnya yang besar dan menciptakan sensasi yang menyenangkan kegiatan bersepeda sangat di minati banyak kalangan, Bersepeda memiliki manfaat yang sama banyaknya dengan olahraga lain yang disebutkan diatas. bahkan menurut American Journal of Public Healt edisi 1986 bahwa orang yang sering bersepeda memiliki umur yang lebih panjang dibanding yang tidak melakukannya.

Baca Juga:   

Tips agar tubuh sehat dan bugar 
 


Manfaat olahraga bersepeda antara lain, mengencangkan otot, meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan jantung, mengontrol gula darah, mengurangi stres, membantu menurunkan berat badan, menurunkan resiko kanker, dan mengatasi arthritis(radang sendi).

Namun bersepeda juga memiliki dampak negative terutama untuk kaum wanita jika menggunakan sepeda dengan stang rendah maka akan menyebabkan tekanan yang lebih keras pada daerah kemaluan dan Rahim sehingga menyebabkan gangguan seksual jadi tetap berhati-hati bagi wanita yang melakukan kegiatan ini.

5). Yoga

Yoga adalah kombinasi gerakan bagian tubuh yang membutuhkan konsentrasi dan ketenangan serta kondisi tubuh yang rileks,. Olahraga ini tidak membutuhkan kekuatan fisik yang besar tetapi memiliki kemampuan membakar kalori dengan cukup banyak . Hanya membuat satu posisi tubuh tertentu, yoga bisa membuat tubuh mengeluarkan banyak keringat. Saat ini yoga menjadi olahraga favorit yang paling banyak diminati khususnya kaum wanita di dunia.

Yoga bermanfaat sebagai alat untuk melatih daya konsentrasi juga sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan selayaknya hasil yang diperoleh dari berolahraga. Kesederhanaan gerakan dan kebutuhan energy yang tidak besar pada yoga membuat kegiatan ini bisa dilakukan berbagai kalangan usia, jenis kelamin, dan kondisi medis. Bahkan kini banyak balita yang sudah dikenalkan pada gerakan yoga untuk melatih kekuatan motoric dan kelenturan otot.

Waktu yang baik untuk Berolahraga

Dari sekian banyak olahraga sederhana tersebut kita bisa melakukannya dimana pun dan kapan pun yang terpenting adalah melakukannya secara konsisten lebih baik lagi dengan membuat jadwal dan target olahraga minimal tiga kali dalam seminggu.

Waktu yang pas untuk setiap jenis olahraga disesuaikan dengan kebutuhan, menurut sebuah penelitian di mollen clinic Arizona Amerika Serikat, waktu-waktu yang baik untuk berolahraga adalah sebagai berikut:

1). Pagi. Selain dapat meningkatkan semangat beraktifitas sepanjang hari potensi kalori tubuh yang terbakar pun akan lebih banyak jika dilakukan di pagi hari.
2). Sore. Sekitar pukul 16:00-17:00. Pada saat itu otot tubuh dalam keadaan fleksibel tertinggi dan tubuh lebih lentur sehingga berolahraga pun menjadi lebih mudah.
3). Malam. Sekitar pukul 19:00-20:00(sebaiknya dilakukan sekitar 1-2 jam sebelum makan malam. Olahraga pada malam hari membuat tubuh lebih nyaman menuju waktu istirahat/tidur.


loading...

Tidak ada komentar