Update

Cara Merawat Wajah sesuai Jenis Kulit agar Sehat dan Cerah

Merawat Wajah sesuai Jenis Kulit
Merawat Wajah sesuai Jenis Kulit

Kulit Berminyak

Jika kulit wajah anda tergolong berminyak, ada sejumlah hal yang harus diperhatikan.
  • Perawatan wajah untuk jenis kulit berminyak harus sering diperhatikan untuk menghilangkan minyak berlebihan yang tertimbun di pori-pori kulit dan menyumbatnya karena minyak pada pori-pori itu bisa menjadi tempat menempelnya kotoran dan debu yang membuat kulit tidak indah dipandang, kulit berminyak sangat berpotensi terserang bakteri dan kuman yang mendatangi lemak yang tertimbun hingga timbulah masalah pada kulit seperti bisul dan jerawat. Jadi bersihkan wajah minimal tiga kali sehari, khususnya sehabis bepergian di siang hari dan menjelang tidur.

  • Pori-pori kulit berminyak cenderung melebar sehingga berpotensi menimbun lemak berlebihan, untuk menciutkan pori-pori  dan mengurangi kadar lemak gunakan perasan jeruk nipis, sebaiknya lakukan perawatan dengan jeruk nipis ini secara rutin.
  •  Ada makanan-makanan tertentu yang memicu munculnya lemak secara berlebihan  pada kulit. Jadi, minimalkan mengkonsumsi cokelat, makanan pedas, makanan yang banyak mengandung bumbu rempah, makanan bersantan dan makanan yang digoreng.

  • Timbunan lemak dan kotoran yang menempel pada pori-pori wajah harus sering dibersihkan, lakukan pembersihan ini dengan pemijatan wajah, peeling dan facial.
  • Untuk mengecilkan pori-pori wajah, mengangkat kotoran, dan mengurangi kadar minyak yang berlebihan, lakukan penguapan pada wajah caranya ambil baskom atau wadah lain lalu isi dengan air mendidih, letakan wajah di atas air yang mendidih dengan handuk penutup disekitar kepala sehingga uap terkonsentrasi pada kulit wajah.

Kulit Kering

Untuk perawatan kulit wajah yang kering  sebaiknya anda perhatikan hal-hal berikut ini.
  • Jangan sembarangan menggunakan sabun karena bisa mengurangi kadar berminyak yang mengakibatkan kulit menjadi kering jadi sebaiknya gunakan sabun pencuci muka yang mengandung minyak zaitun dan gliserol.
  •  Jangan gunakan air hangat untuk mencuci wajah karena akan membuat kulit semakin kering, cukup gunakan air biasa yang segar.

  • Jika kulit mengalami kekeringan yang cukup parah hindari penggunaan sabun biasa untuk membersihkan wajah sebaiknya gunakan pembersih wajah yang mengandung susu untuk nutrisi kulit.
  •  Dibanding jenis kulit lain ,kulit kering membutuhkan lebih memerlukan masker  yang bekerja menghaluskan kulit sekaligus membuatnya tampak indah dan sehat, jadi gunakan masker seminggu sekali.
  • Dalam keadaan kering kadang terjadi pengerutan pada kulit, untuk itu gunakan minyak zaitun atau gliserol setiap sore dan sehabis mandi , air mawar dapat pula ditambahkan untuk mengurangi gliserol
  • Setiap hari usahakan minum air putih dalam jumlah cuku, banyak-banyaklah pula ,megkonsumsi sayuran. 
Baca Juga:   

Cara Merawat Kulit Secara Alami

Perawatan Wajah dengan Masker Bahan Alami
 
kulit Kering Berminyak

Untuk melakukan perawatan terhadap kulit kering berminyak perlu dilakukan penggabungan antara perawatan kulit kering  dan kulit berminyak.
  • Saat membersihkan wajah lebih konsentrasikan pada bagian-bagian  berminyak daridapa bagian kering.
  • Konsentrasikan penggunaan pelembab minyak zaitun pada bagian kulit yang kering bukan pada bagian yang berminyak.
  • Konsentrasikan penggunaan perasan jeruk nipis pada bagian kulit yang berminyak bukan bagian yang kering.

Kulit Normal

Jika kulit wajah tergolong normal, anda sungguh beruntung, meski begitu jangan berlebihan dalam menggunakan sabun wajah agar kulit tidak menjadi kering, cukup bersihkan wajah dua kali sehari , ketika mandi pagi dan sore dengan sabun khusus wajah yang baik atau ramuan pembersih khusus, berhati-hatilah dengan penggunaan sabun atau kosmetik yang mengandung bahan kimia karena dapat membahayakan kulit.

Kulit Sensitif

Anda perlu lebih berhati-hati  dalam melakukan perawatan wajah jika kulit wajah anda termasuk sensitive. Untuk itu perhatikan hal-hal berikut ini.
  • Hindari pemakaian bedak atau kosmetik lain jika tidak cocok untuk kulit, yang justru menimbulkan iritasi rasa gatal dan bintik-bintik.
  • Hindari konsumsi makanan yang bisa menimbulkan iritasi pada kulit sensitive misalnya seafood.

  • Hindari bahan-bahan kosmetik dan night cream yang bersifat mengelupas kulit karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit sensitive.
  • Gunakanlah produk kosmetik yang berlabel untuk kulit berlabel untuk kulit ulit sensitive atau berkonsultasilah pada dokter.
  • Gunakanlah penyegar yang tidak mengandung alcohol karena produk yang mengandung alcohol  akan memicu reaksi pada kulit sensitive, sebaiknya pilih penyegar yang mengandung lavender.




loading...

Tidak ada komentar