Update

7 Tips Perawatan Kecantikan dengan Menggunakan Madu


Selain bermanfaat untuk kesehatan madu juga berkhasiat untuk kebutuhan perawatan tubuh atau kecantikan. Disebutkan bahwa madu merupakan kosmetik alamiah tertua yang dikenal manusia. Selama berabad-abad madu digunakan tersendiri atau ditambahkan pada bahan-bahan lain untuk membuat ramuan formula kecantikan, pembersih wajah, dan tonik yang membantu menjaga kulit dan rambut dalam kondisi halus dan cantik, konon, Cleopatra yang terkenal karena kecantikannya secara teratur mandi susu dan madu agar awet muda. Poppea istri kaisar Roma Nero, menggunakan lotion madu dan susu pada mukanya untuk tujuan serupa. Kini, beribu-ribu tahun sesudahnya, perusahaan kosmetik memasukan madu kedalam produk perawatan kulit mereka.

Perawatan Kecantikan dengan Menggunakan Madu
Foto: Healthyfoodhouse
 
Penelitian ilmiah membuktikan bahwa madu merupakan humectant, artinya memiliki kemampuan untuk menarik dan mengikat kelembapan, dimana kemampuan kulit untuk mempertahankan kelembapan merupakan faktor penting untuk menjaga kelembutan, kekenyalan, dan kelenturan kulit. Oleh karenannya tak heran bila kita bisa memanfaatkan madu untuk kecantikan. Madu merupakan bahan alami yang bisa digunakan sebagai bahan perawatan pribadi. Zat alami yang terkandung didalam madu bisa membantu tubuh menjalankan fungsinya dalam melembapkan kulit. Kelebihan lainnya adalah bahwa madu alami cocok untuk segala jenis kulit. Bahkan untuk kulit yang sangat sensitive pun. 

Penelitian lain menyebutkan bahwa madu sangat efektif sebagai anti microbial yang berfungsi mencegah pertumbuhan bakteri. Kandungan antimicrobial dalam madu membuat madu bermanfaat untuk perawatan jerawat ringan. Perbedaan dengan produk-produk perawatan jerawat lainnya adalah kandungan pelembab dalam madu tak membuat kulit kering.

Sebenarnya, untuk bisa tampil cantik dan menarik kita tidak harus membeli semua produk kecantikan yang terbuat dari madu yang mahal-mahal tersebut. Anda cukup meramu sendiri dirumah dengan bahan-bahan yang anda beli di toko sebelumnya. Berikut adalah tips perawatan kecantikan dengan menggunakan madu.

Baca Juga:
8 Khasiat Madu bagi Kesehatan
Cara Alami Melembabkan Bibir Kering dan Pecah-Pecah
 
1). Pembersih Wajah

Campurkan 1 sendok makan madu dengan sedikit susu bubuk di telapak tangan, cara menggunakan madu untuk wajah, oleskan diwajah untuk membersihkan semua kotoran dan makeup, lalu basuh hingga bersih dengan air hangat.

2). Rambut Berkilau

Untuk membuat rambut berkilau, campurkan 1 sendok makan madu, perasan satu jeruk nipis, dan sedikit air hangat. Bilas rambut dengan shampoo seperti biasa, lalu tuangkan campuran tadi pada rambut, keringkan rambut dengan cara biasa.

3). Toner Kulit

Untuk mengencangkan, melembutkan, dan melembapkan kulit, campurkan 1 buah kulit jeruk ditambah 1 sendok makan teh madu dan blender hingga halus. Gosokkan perlahan campuran madu tadi ke wajah dan biarkan selama 15 menit. Lalu basuhkan wajah dengan air hangat untuk membersihkan campuran tadi.

4). Conditioner Rambut

Untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala, campurkan ½ cangkir madu dan 1 sendok makan minyak zaitun. Oleskan merata ke rambut dank ke kulit kepala, lalu ambil penutup rambut dan biarkan selama 30 menit dalam keadaan tertutup. Setelah 30 menit keramasi dengan shampoo dan bilas rambut seperti biasa.

5). Masker 

Oleskan madu murni dibagian wajah dan biarkan selama kira-kira 15 menit hingga mengering. Setelah kering basuhlah wajah dengan air hangat.

6). Mandi Madu

Untuk mendapatkan aroma yang manis dan kulit lembut tambahkan ¼ hingga ½ cangkir madu di bak mandi.

7). Scrub Madu

Campurkan 1 sendok teh Madu dengan sedikit tepung almond ke telapak tangan, gosokkan perlahan ke wajah sebagai scrub wajah lalu basuh wajah dengan air hangat untuk mengangkat madu.

loading...

Tidak ada komentar