Update

12 Tips Cantik dan Sehat secara Alami


Yang disebut cantik dan sehat secara alami adalah wanita yang tampilannya cantik dan menyenangkan, sekaligus sehat secara jasmani maupun rohani. Tampilan dan kondisi seperti tersebut, tentunya tidak dapat diperoleh begitu saja, perlu dilakukan berbagai rangkaian langkah untuk mendapatkannya, berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan agar setiap perempuan dapat menjadi cantik dan sehat secara alami.

 

Tips Cantik dan Sehat secara Alami
Foto: Keluarga.my

1). Hidup Sehat dan seimbang

Setiap orang pasti ingin hidupnya sehat dan seimbang, bahagia lahir batin dunia akherat. Orang-orang yang memiliki hidup seimbang, biasanya jarang terkena masalah berat, karena umumnya setiap masalah yang hadir selalu dihadapi dengan pikiran terbuka dan jernih.

2). Pola Makan Sehat

Pola makan yang sehat berarti pola makan yang cukup, memenuhi standar gizi dan keperluan. Tidak berlebihan dan tidak kekurangan. Konsultasikan dengan ahli gizi berapa saja keperluan kalori kita setiap harinya, dengan demikian kita mengonsumsi makanan yang sesuai dengan keperluan kita.

3). Jauhi Rokok

Rokok akan berbahaya bagi kesehatan diri sendiri. Juga sangat tidak baik bagi lingkungan. Selain asap dan baunya yang mengganggu, asap rokok juga akan ikut terhisap oleh orang-orang disekitarnya. Mereka yang pwrokok pasif justru akan mendapatkan bahaya lebih besar dibandingkan perokoknya.

4. Jauhi Alkohol

Minum alcohol selain merugikan kesehatan diri sendiri, juga memerlukan uang yang cukup besar. Alangkah baiknya kalo uang tersebut digunakan untuk hal-hal yang lebih penting seperti investasi aatau menabung, jadi jauh-jauh dari alkohol agar tetap sehat dan kulit pun cantik. 

5). Jauhi Narkoba

Seperti minuman keras ada juga yang menganggap kalau tidak memakai narkoba itu tidak gaul, tidak modern, itu salah besar hanya orang bodoh yang beranggapan seperti itu. Hiduplah sehat tanpa narkoba hanya kenikmatan sesaat, tetapi kerugian sepanjang waktu.

6). Cukup mengonsumsi air putih 

Rata-rata orang dewasa memerlukan 2 liter air putih setiap harinya, penuhilah kebutuhan air tersebut agar sirkulasi dan metabolisme dalam tubuh berjalan lancar. Air juga membantu mengontrol kelembapan kulit. Biasanya orang yang kecukupan air, kulitnya sehat dan segar.

7). Tidur dalam waktu yang cukup dan teratur 

Saat tidur adalah saat yang baik untuk regenerasi sel-sel dalam tubuh, termasuk sel-sel kulit, jadi biasakan untuk tidur dalam waktu yang cukup dan teratur setiap harinya. Keperluan orang dewasa untuk tidur tidak sama, tetapi rata-rata 5-8 jam per hari tergantung keperluan dan kebiasaan. Jauihi begadang dan tidur terlalu larut malam karena itu tidak baik bagi kesehatan kulit wajah. Selain itu dapat menyebabkan juga kantung mata menjadi kehitaman akibat kurang tidur.

8). Kendalikan berat badan

Berat badan ideal adalah dambaan setiap orang. Selain enak dilihat badan ideal juga biasanya lebih aman dari ganguan penyakit, orang yang mengalami kegemukan atau obesitas biasanya rawan penyakit berat seperti jantung, kolesterol, hipertensi, diabetes mellitus, dan lain lain, oleh karena itu sebaiknya jaga berat badan agar senantiasa dalam berat yang ideal. Bila megalami kegemukan, berdietlah secara seimbang dan konsultasilah dengan ahli gizi.

9). Olahraga teratur 

Hidup di zaman modern yang serba cepat dan canggih sering membuat orang malas untuk beraktifitas fisik termasuk olahraga. Aturlah waktu agar dapat berolahraga teratur setiap hari, tidak perlu olahraga berat dan lama, cukup olahraga yang ringan seperti berjalan-jalan di sekitar rumah 20-30 menit setiap hari dalam jangka panjang ini akan membantu kita menjaga kesehatan. Atau bisa juga memilih jenis olahraga yang disenangi. Yang penting setiap hari ada aktifitas fisik yang mengeluarkan keringat. Ini penting agar sirkulasi darah lancar, kulit wajah juga tetap akan cerah dan sehat.


10). Cuci muka sekurangnya 3 kali sehari

Kita tidak mungkin terbebas dari debu dan kotoran. Terlebih bila beraktifitas di ruang terbuka jadi pastikan setiap hari mencuci muka sekurang-kurangnya 3 kali sehari. Gunakan pembersih yang ringan di wajah atau mengandung air, jangan menggunakan pembersih yang berat yang bisa mengiritasi kulit wajah. 

11). Bersihkan wajah sesegera mungkin setelah di make-up berat 

Selalu rutin membersihkan wajah setelah memakai makeup sebelum tidur, pastikan wajah dalam kondisi bersih, dan kemudian kenakan pelembab yang sesuai. Biarkan wajah bernapas agar kulit tetap sehat dan cerah. Sebaiknya juga tidak terlalu sering menggunakan makeup berat agar wajah tetap sehat dan segar.

12) Miliki hobi

Hobi sangatlah penting untuk keseimbangan jiwa seseorang. Pilihlah hobi yang paling kita senangi dan hobi seringkali juga mengembangkanya menjadi profesi yang menguntungkan. Jadi jangan takut menekuni hobi secara seurius. Apa saja yang dilakukan dengan senang hati bisa menghasilkan sesuatu yang baik dan bermanfaat.

loading...

Tidak ada komentar