Update

5 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh agar tetap Sehat dan Bugar



Perlu kita sadari bahwa secara mekanistik, system organ tubuh kita bekerja layaknya sebuah mesin yang terus bekerja dan aktif berevolusi. Darah kita tidak pernah berhenti berputar dan jantung tidak pernah berhenti memompa, otak kita juga tidak pernah berhenti beraktifitas, penting nya menjaga kesehatan tubuh agar sirkulasi atau alian-aliran darah menjadi lancar sehingga segala kegiatan yang terjadi selama tubuh hidup tidak terganggu.

>
Foto: idntimes
Seperti yang kita ketahui bahwa pemeran utama dalam aliran darah adalah air, sedangkan penyumbat utama dalam aliran itu adalah lemak. Dengan pemahaman ini sejatinya secara sederhana, sudah selayaknya jika kita memilih untuk hidup dengan kualitas kesehatan tetap terjaga dengan cara:
  • Menjaga dan mempertahankan jumlah air dalam tubuh.
  • Mengurangi asupan lemak dan mencegah tumpukan lemak dalam tubuh.
Kedua hal ini adalah dasar utama yang perlu kita lakukan sehari-hari untuk menjaga kebugaran tubuh kita. Ada beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan setiap harinya untuk membuat dua hal tersebut selalu terjaga.

1). Olahraga 

Kunci dan konsep utama menjaga berat tubuh tetap ideal adalah dengan menjaga antara asupan nutrisi dan jumlah kalori yang perlu dikeluarkan oleh tubuh. Salah satu cara untuk  menjaga berat badan ideal dan mengurangi tumpukan lemak dari dalam tubuh adalah dengan berolahraga. Olahraga ini tidak mesti olahraga yang berat, seperti fitness dan athletik sebab jenis olahraga ringan dan sederhana asal dilakukan secara rutin dan teratur sudah cukup untuk membuat tubuh tetap bugar dan ideal. Banyak ahli olah tubuh mengatakan bahwa jauh lebih baik berolahraga sedikit tetapi rutin setiap hari daripada berolahraga dengan olahraga intensitas tinggi dan berat tetapi tidak rutin.

Jenis olahraga dan sederhana ini bisa dilakukan setiap hari:
  • Jalan pagi
  • Lari pagi
  • Senam dasar seperti shit up dan push up
  • Yoga sederhana
  • Renang
  • Dan bersepeda
Jenis olahraga tersebut selain mudah dan sederhana, juga tidak memerlukan peralatan berat serta dapat dilakukan di rumah atau di sekitar rumah yang perlu ditekankan disini adalah rutinitas dan konsistensi untuk menjalankannya setiap hari selama jangka waktu tertentu,perlu di ingat 10 menit waktu yang di sediakan untuk berolahraga secara rutin sudah cukup untuk membuat tubuh tetap bugar sepanjang hari. Dengan menginvestasikan 10 menit dari waktu keseharian kita untuk kesehatan tentunya tidak akan mengganggu aktifitas sehari-hari.

2). Mengonsumsi Makanan Sehat 

Menjaga kesehatan tubuh dipengaruhi dari apa yang Anda konsumsi setiap hari. Makanlah makanan yang memiliki kandungan karbohidrat (nasi merah, oat, dan roti gandum), lemak sehat (alpukat, biji-bijian, aneka jenis ikan laut, dan ikan air tawar, dan kacang-kacangan), vitamin dan  mineral (asparagus, brokoli, kembang kol, mentimun, jamur, kubis, lobak, labu, paprika, terong, serta wortel), protein (daging tanpa lemak, produk olahan susu dan telur). Perlu juga mengonsumsi buah-buahan seperti anggur, apel, blueberry, jeruk, kiwi, lemon, mangga, nanas, pir, pisang, stroberi, dan lain-lain.
 
3). Minum Air Putih

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa minum air 8 gelas setiap hari sangat penting bagi tubuh, jika menggunakan takaran gelas yang berisi 250-300 Cc, kita akan mendapatkan 8 gelas air minum ini terpenuhi, praktisi kesehatan menganjurkan jadwal minum yang disesuaikan dengan kegiatan kita:

Jadwal minum air dalam sehari:
  • 1 gelas pertama saat bangun pagi sebelum sikat gigi dan makan pagi.
  • 1 gelas kedua ketika akan berangkat kerja.
  • 1 gelas ketiga sekitar pukul 11.00 atau di lingkungan kerja dan saat berkegiatan.
  • 1 gelas ke empat sekitar pukul 13:00 atau 30 menit sebelum atau sesudah jam makan siang
  • 2 gelas kelima dan keenam antara pukul 14:00-17:00 atau saat menjelang sore.
  • 1 gelas ketujuh sekitar pukul 18:00 atau sejam sebelum menyantap makan malam.
  • 1 gelas kedelapan sekitar pukul 20:00 atau beberapa saat sebelum tidur.

Hal yang harus dihindari pada saat makan dan minum, dan minum ketika akan tidur

Minum bersamaan dengan waktu makan dapat mengganggu kerja enzim pencernaan, sementara minum pada saat akan tidur di khawatirkan akan membuat kualitas tidur akan terganggu karena harus sering sering buang air kecil. Namun demikian jadwal minum air putih yang dianjurkan ini bukan sesuatu yang baku. Bagaimanapun jadwal minum ini bisa disesuaikan dengan kebiasaan-kebiasaan dalam rutinitas kita sehari-hari. Intinya adalah bagaimana agar ketercukupan asupan air di dalam tubuh kita dapat terjaga dengan baik sepanjang hari.

4). Mencegah stres berlebih

Ada banyak aktifitas dan situasi keseharian yang rentan menimbulakn stres. Lingkungan kerja, interaksi dengan orang lain, dan keluarga, masalah keungan dan banyak lagi, perbedaan sudut pandang dalam menghadapI situasi dan cara bersikap pada setiap individu jelas akan memberikan reaksi berbeda pada saat menghadapi situasi sulit atau tertekan.

Namun yang pasti membiarkan diri kita tenggelam dalam permainan pikiran yang tidak menguntungkan, justru akan semakin membuat kita terbenama semakin dalam pada masalah yang semakin tidak menentu. Pelajaran yang bisa di petik adalah bersahabatlah dengan diri sendiri dengan tidak membiarkan stres merusak hidup kita dan orang lain yang berhubungan dengan kita. 

Carilah selalu bagaimana cara mengatasi stres dari berbagai referensi dan informasi karena stres. Selain dapat menimbulkan luka batin, juga bisa menjadi faktor resiko bagi timbulnya penyakit fisik. Healtguide.org sebuah situs yang peduli dengan masalah kesehatan, mengabarkan bahwa stres dapat menimbulkan berbagai penyakit, antara lain:
  • Macam-macam jenis nyeri.
  • Gangguan jantung
  • Gangguan pencernaan
  • Masalah tidur
  • Obesitas atau kegemukan
  • Depresi
  • Penyakit autoimun
  • Masalah pada kulit seperti eksim dan sebagainya

5). Tidur dan istirahat yang cukup

Pada masa kini kita selalu dihadapkan pada kondisi tidak dapat beristirahat di karenakan pekerjaan yang menumpuk atau banyaknya kegiatan yang menyita waktu. Kerja keras tentu sah-sah saja, tetapi perlu diimbangi dengan istirahat dan tidur yang cukup dan berkualitas.
Pada saat tidur, justru sel-sel tubuh kita tak terkecuali sel-sel bagian otak, memiliki kesempatan untuk tumbuh secara optimal dan meregenerasi diri untuk memperbaiki bagian sel-sel dalam tubuh yang rusak, beberapa ahli meyakini bahwa tidur yang cukup dan berkualitas memberikan manfaat positif. Tidur yang berkualitas memberikan tubuh yang segar dan kembali sehat, sehingga penyakit dan gangguan ketidak nyamanan tubuh dari berbagai penyakit bisa dihindari.

loading...

Tidak ada komentar